Midnight Rainbow

Awal kisah dimulai dari transaksi gelap microfilm yang berisi teknologi rahasia pemerintah. Pelaku berhasil ditangkap, namun sang pembeli berhasil lolos ke Costa Rica. 

Agen rahasia Amerika di Costa Rica berhasil merebut microfilm dan menitipkan pada George Persall, pengusaha Amerika yang sering keluar masuk Costa Rica. Microfilm tersebut akan diserahkan pada Luis Marcell. 

Namun sebelum kembali ke Amerika, George ditemukan meninggal kena serangan jantung di kamar tidur bersama seorang sosialita bernama Jane. 

Apakah Jane terlibat aktivitas mata-mata atau cuma kekasih gelap George? Apakah microfilm tersebut sudah diserahkan ke Luis Marcel? Dua hari sebelum George meninggal, Luis Marcel menghilang.

Manuel turego, kepala keamanan Costa Rica segera menculik Jane ke perkebunan di tengah hutan dengan penjagaan ketat. Manuel menunggu Luis Marcel muncul untuk mencari keberadaan microfilm. Minimal Jane bisa jadi alat negosiasi. Bagaimanapun juga Manuel menilai gadis itu cukup tolol karena berterima kasih pada Manuel yang telah melindunginya. 

Grant Sullivan, mantan agen pemerintah Amerika diminta menyelamatkan Jane. Ayah Jane mencemaskan putrinya, membayangkan gadis itu disiksa habis-habisan oleh para penyekapnya. 

Dari pemantauan selama dua hari di hutan, gadis itu terlihat santai seolah tengah berlibur. bersenang-senang, berjemur di pinggir kolam, tidur larut, menyesap sampanye. Grant mulai berpikir, gadis itu mungkin tidak ingin diselamatkan.

Misi Grant sederhana : masuk dan menyelamatkan Jane, membawanya keluar dari Costa Rica, kembali ke Amerika, dan menyerahkan pada ayahnya. 

Namun ternyata tidak semudah itu. Grant dan  Jane berlari menghindari kejaran orang-orang di tengah hutan yang gelap dengan hujan lebat. 

Sebagian besar buku ini berlatar di hutan dengan banyak adegan menegangkan. Semua digambarkan dengan baik, saya bisa merasakan panasnya hutan, udara yang lembab, hujan yang dingin. Suka banget sama cara nulisnya. 

Linda Howard menulis novel suspense yang keren dan yang saya suka, terselip dialog-dialog lucu yang bikin nyengir saat baca. 

Perjalanan Grant dan Jane menembus hutan selama dua hari membuat mereka lelah, kotor, lapar, dan frustasi. Dibalik kesulitan itu, Grant yang kaku dan Jane yang cerdik membuat mereka bisa jadi partner dengan chemistry yang pas. 

Bintang 5/5

The Rain Sparow

Hayden Winters, penulis novel thriller menginap di Peach Tree Inn, rumah tua yang dijadikan penginapan di Honey Ridge, Tennessee. Hayden sengaja memilih kota kecil di daerah selatan USA yang tenang supaya fokus menyelesaikan novel terbarunya. 

Selama tinggal di penginapan, Hayden sering bermimpi tentang Josie, wanita penghuni rumah tersebut sebelum dijadikan penginapan. 

Buku pun terpecah menjadi 2 alur. Masa kini dan masa lalu. 

Di masa lalu tahun 1867, Josie, gadis yang tinggal di rumah tersebut kesal saat William, kakak iparnya mendatangkan teknisi dari utara untuk pabrik penggilingan keluarga. Saat itu perang saudara antara bagian selatan dan utara sudah usai, namun Josie tetap menganggap kaum Yankee dari Utara adalah musuh. 

Dari buku ini saya baru tahu bahwa sebutan Yankee untuk orang-orang USA kawasan utara (negara bagian seperti Massachusetts, Connecticut, New York, dll). Selama ini saya tahunya Yankees itu nama tim baseball yang bermarkas di New York, yaitu New York Yankees. Ternyata Yankees asal muasalnya dari situ toh. 

Sejak kehadiran Thad, si pria Yankee, Josie secara terang-terangan menunjukkan ketidak-sukaannya. Namun Thad selalu bersikap baik padanya. Sikap sewot Josie selalu dibalas dengan tangkisan humor, lama-lama membuat hati Josie luluh. 

Ketika kisah mereka mulai menyerupai kisahnya sendiri, Hayden mulai menyadari bahwa mimpi-mimpi aneh itu seperti petunjuk untuk menyelesaikan konflik pribadinya. 

Kedekatan Hayden dengan Carrie, pustakawan lokal yang manis dari keluarga baik-baik membuatnya bimbang. Bisakah wanita itu menerima latar belakang keluarga Hayden yang kacau? Seperti Josie yang selalu senewen dengan Thad yang Yankee. 

Benang merah yang mau disampaikan penulis barangkali bahwa garis keturunan bukanlah sesuatu yang bisa kita ubah. Yang terpenting adalah perilaku kita dalam menjalani hidup. 

Bintang 5/5. Pesan moralnya dapet banget. 

Pengantin Natal

Ketika Carter Bravo dan Paige Kettleman sedang menanti di ruang duduk kantor klien, Carter iseng  mengambil majalah remaja di atas meja lalu membolak-balik halaman. Saat melihat kuis psikologi tentang jatuh cinta pada sahabat, sambil bercanda ia menyebutkan seluruh pertanyaan ke Paige. Paige menjawab asal-asalan. 

Sepulangnya dari tempat tersebut, pertanyaan-pertanyaan itu memicu kegelisahan dalam hati Paige. Mungkinkah ia jatuh cinta pada Carter? Paige tidak yakin dan menghabiskan beberapa hari dalam keadaan bingung. Dia tidak ingin mempertaruhkan persahabatannya. 

Berbeda dengan Carter yang tak pernah percaya akan cinta. Ayahnya memiliki dua istri dan sepanjang hidupnya dia menyaksikan ibunya mengusir ayahnya berulang kali, namun ibunya sering mengaku mencintainya lebih dari apa pun. Bagi Carter cinta itu membingungkan. 

Suatu hari ibunya mendesak Carter untuk segera menikah. Ah, klasik banget. Tentunya tidak menyuruh secara frontal, melainkan dengan rayuan manis, “Ibu baru beli lahan yang cocok untuk mengembangkan bisnis bengkelmu. Kalau mau lahannya, nikah dulu dong.”

Carter yang jomblo, bukannya tidak laku. Sherry, mantan pacarnya masih getol merayunya untuk balikan, namun Carter sudah tak berminat padanya. Lagipula temannya, Murray sedang serius mendekati Sheryl. Bahkan sudah mengancam, “Please-lah, ga usah balik. Malah kalo bisa segera move on. Lagian kenapa kamu ga sama Paige aja sih? Toh kalian sepertinya cocok.”

Perkataan Murray membuatnya berpikir tentang Paige. Sangat logis jika mereka menikah. Pertemanannya selama delapan tahun dan jadi rekan bisnis selama lima tahun, membuat Carter mulai yakin bahwa dirinya mampu menjalani pernikahan yang nyaman jika pasangannya adalah Paige.

Begitu Carter mulai memandang Paige dengan cara yang berbeda, ia langsung gercep mengajak Paige bertunangan. Paige yang galau berhari-hari gara-gara kuis majalah itu sepakat untuk mengiyakan. 

Sampai pada saat mereka melangsungkan pesta pertunangan, Paige tanpa sengaja menguping pembicaraan Carter dan ibunya tentang kesepakatan ibunya untuk memberikan Carter lahan yang diinginkan setelah pernikahan berlangsung. Carter tidak ingin Paige tahu bahwa itu alasan utama dia melamarnya. 

Selanjutnya baca aja sendiri. 

*

Novel ini mulai membosankan di pertengahan buku. Sempat saya malas dan pengen berhenti baca. Cara berceritanya kurang asik, belum lagi saya puyeng sama banyak nama yang disebut di buku ini. Saat cek di Goodreads, baru deh nyadar bahwa ini seri buku ke 45 dari 54 buku. Oalaa, pantesan banyak amat tokoh-tokoh figurannya.

Man of Ice – Diana Palmer

Dawson Rutherford sedang mengincar lahan sebelah peternakannya. Sialnya sang pemilik adalah Leslie, janda muda yang penasaran dengannya. Rumor mengatakan bahwa Dawson pria yang dingin. Leslie ingin membuktikan dengan tubuhnya bahwa rumor yang beredar tidaklah benar. 

Demi kelancaran negosiasi pembelian lahan dan menghindari rayuan maut, Dawson meminta bantuan Barrie, adik tirinya, untuk menjadi tunangan pura-pura selama negosiasi lahan. 

“Demi apa?”, Tanya Barrie. 

“Demi merawat tanah warisan orang tua kita. Dengan memiliki sumber air yang melimpah dari lahan Leslie, maka lahan peternakan akan lebih subur dan mudah diolah.” 

Lima tahun menghindar dan tak saling bertegur sapa, Barrie akhirnya setuju tinggal bersama di rumah warisan. 

Malamnya Barrie mimpi buruk, ia menjerit dan menangis. Dawson yang mendengar pun bergegas masuk ke kamar dan membangunkannya. Barrie mengaku jika 5 tahun yang lalu ia hamil dan mengalami keguguran. Setelah itu dirinya sering dihantui mimpi-mimpi buruk. 

Ketika mengetahui Barrie pernah hamil akibat perbuatannya, Dawson merasa dirinya benar-benar bajingan. 

Dawson teringat peristiwa kelam, ketika Barrie dan Dawson bepergian ke Perancis bersama orang tua mereka. Dawson memperlihatkan ketidak-sukaannya pada ibu tirinya dan Barrie. 

Dawson berasumsi ibu tirinya merayu dan membujuk ayahnya menikahinya bukan karena cinta, tapi demi harta. Persepsi buruk itu juga ditujukan pada Barrie. Anaknya pasti juga sama saja. Tipe-tipe wanita penggoda. 

Kebenciannya terhadap Barrie makin lama makin tinggi, hingga suatu malam Dawson ke kamar Barrie dan memaksanya berhubungan. Toh, dia cewek gampangan. 

Rupanya Dawson salah sangka, Barrie ternyata masih perawan. Barrie menjerit dan menangis. Tentu saja ini membuatnya sangat terkejut dan merasa sangat bersalah karena telah menodainya. Setelah liburan di Paris usai, mereka tidak bertegur sapa dan saling menjauh. 

Semenjak itu Dawson menanggung beban rasa bersalah yang ekstrem, dan efeknya membuat Dawson tidak bergairah lagi ketika bercinta, alias impoten. Rumor yang berkembang di luar ternyata memang fakta. 

Barrie yang mendengar pengakuan Dawson pun  mengaku, bahwa sejak peristiwa itu ia juga mengalami trauma dan tak bisa lagi bersentuhan dengan laki-laki. Barrie sangat terluka secara fisik dan psikis hingga kini. 

Keterbukaan itu membuat mereka akhirnya sepakat berupaya berdamai dengan masa lalu dan saling menyembuhkan trauma luka-luka batin. Menjalani prosesnya tidak muda, terutama bagi Dawson sulit untuk memaafkan diri sendiri. 

Novelnya Diana Palmer ini punya ide cerita menarik. Banyak twist yang ampun deh dramanya, sampai saya merasa novel ini bisa jadi bahan sinetron. Untunglah novel ini tipis dan dibuat sat set, dua hari baca udah kelar. 

Ide Nulis

Aku baru menyadari kalau di setting blog ada fasilitas prompts. Selama ini kalau buja dashboard ga pernah ngubek-ngubek. Mau nulis ya udah langsung klik posts aja.

Lumayan juga nih untuk selingan, biar ga bahas buku melulu. Mana akhir-akhir ini tumpukan bukuku romance menye-menye mulu.

Kalau udah tersedia gini, tiap hari aku juga bisa nulis. Prettt.

Ini beberapa contoh Prompts. Seru-seru topiknya dan jadi ketrigger untuk jawab.

Lalu saat mulai nulis draft, kupikir-pikir mending bikin blog khusus deh, karena yang ini udah hampir 3 GB dan aku masih ogah bayar ke wp untuk nambahin memori.

Jadi aku bikin rumah baru yang memorinya masih kosong : http://rahasianina.wordpress.com kenapa rahasia? Entahlah, ngasal aja karena yang terlintas itu doang.

Ya udeh sekian dulu inspirasi dari aku.