Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan

Akhirnya baca ini juga setelah banyak yang bilang bagus. Novelnya tipis, cuma 149 halaman. Covernya menarik, colorfull, ilustrasinya keren. Di bagian atasnya ada embel-embel “Juara II Sayembara Novel DKJ 2021” yang sukses membuat saya ingin segera membacanya.

Sejak halaman pertama, buku ini menyuguhkan dengan sudut pandang ‘kamu’. Menurut saya ini unik banget, saat baca saya jadi lebih meresapi karakter si tokoh, karena dibilang ‘kamu’. Serasa saya jadi tokoh utamanya.

Berawal dari vonis dokter yang mengatakan bahwa ‘kamu’ kemungkinan hanya bisa bertahan hidup paling lama 2 tahun lagi akibat obesitas. ‘kamu’ pun jadi panik. Dengan berat badan 172 kg rasanya mustahil untuk punya berat badan ideal. Dokter menyarankan operasi bariatrik, namun ‘kamu’ ragu, selain mahal juga belum tentu berhasil.

Sampai suatu hari ‘kamu’ melihat iklan reality show XXXL yang didukung banyak ahli. Walau pacarmu tidak setuju, ‘kamu’ tetap mengambil keputusan untuk mengikuti ajang tersebut. Lagipula tubuh ini milikmu, bukan punya pacarmu. Bersama para ahli, dengan berat badan 172 kg tampaknya ada harapan untuk mengubah pola hidup sehat dan mencapai berat badan ideal.

Yup, ‘kamu’ ingin sehat dan hidup lebih lama.

Seru sekali ceritanya, tahu-tahu udah nyampe ending. Dengan sudut pandang ‘kamu’, saya diseret si penulis untuk merasakan betapa sulitnya menjadi gadis 20 tahun yang obesitas. Lingkungan sekeliling yang kerap membully, sulitnya menahan godaan pada makanan dan minuman soda, bahkan untuk bergerak aja ngos-ngosan.

Pola makan yang kacau, seperti makan nasi padang 2 bungkus, minum aspirin dengan soda, belum lagi melahap junk food dengan porsi banyak, dan sebagainya, membuat saya gemas, namun saya tidak tega mengejeknya. Bukankah tokoh utamanya ‘kamu’? Masa ‘kamu’ membully diri sendiri? Duh.

Walau ceritanya disajikan dengan ringan, saya yakin risetnya cukup mendalam. Seusai baca, banyak hal yang bisa direnungkan, pesan moralnya juga banyak tersirat di buku ini. Bintang 5/5 untuk buku ini.

Leave a comment