Komunikasi

Gara-gara Pemilu dan sering mengamati tokoh-tokoh yang bicaranya keren, saya jadi termotivasi dan pengen punya strategi komunikasi yang lebih baik.

Maka mulailah saya mencari buku tentang komunikasi.

Buku yang saya punya merupakan versi terjemahan dari Renebook. Isinya ternyata lumayan menarik, ada 44 ide komunikasi yang bisa diterapkan
dalam kehidupan sehari-hari agar dapat berbicara lebih efektif.

Tiap ide dibahas secara ringkas dan to the point, rata-rata sekitar 2 halaman. Jadi nggak ngabisin waktu baca dikala sibuk melanda.

Ada 1 hal yang menarik yang ingin saya ceritakan kembali di sini.

Ernest Hemingway pernah mengklaim bahwa ia bisa menulis novel dalam enam kata. Saat teman-temannya bertaruh $10 bahwa ia cuma membual, Hemingway udah selesai menulis di kertas tisu, “Dijual : sepatu bayi, belum pernah dipakai.”

Kalimat singkat yang bisa menggambarkan sebuah kesedihan kehilangan bayi.

Selain itu Larry Smith, pendiri dan editor majalah Smith, punya pertanyaan standar dalam beberapa wawancara, “Bisakah Anda menyampaikan kisah hidup Anda dalam enam kata?”

Langsung mikir kan? Wkwk.

Prinsip enam kata membuat kita tidak berbelit-belit atau ngalor ngidul yang tidak ada ujungnya. Sehingga sebelum menulis atau berbicara, kita bisa mengajukan pertanyaan ini pada diri sendiri: Apa yang benar-benar ingin saya katakan dan bisakah saya mengatakannya dengan lebih ringkas?

Buku bagus, praktis dan bisa dibaca berulang-ulang untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari.

One thought on “Komunikasi

Leave a comment